Rabu, 20 September 2017

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui peragaan media kartu angka siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terkecil ke terbesar dengan benar.
satuan Pendidikan          : Sekolah Dasar
Kelas/Semester                : II/I
Mata Pelajaran                 : Matematika
SK           : 1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
KD          : 1.1  Membandingkan bilangan sampai 500

Namaku Fikri.
Usiaku 7 tahun.
Aku mempunyai 3 orang kakak.
Namanya Handy, Halim, dan Reni.
Kakak Handy usianya 16 tahun.
Dia suka bermain basket.
Kakak Halim suka bermain komputer.
Usianya 14 tahun.
Kakak Reni suka membaca.
Dia duduk di kelas 6 SD.
Sekarang berusia 11 tahun.
Kami sering belajar dan bermain bersama.
Untitled-1

Berapa jumlah saudara kalian
Berapa usia mereka
Apakah kalian juga sering belajar dan bermain bersama

Membaca dan Menulis Bilangan
Ibu pergi ke sekolah mengambil rapor Fikri
Fikri menunggu di rumah dengan cemas
Dia naik kelas atau tidak ya
Saat Ibu pulang Fikri segera membuka rapornya
Wah ternyata nilai Fikri bagus-bagus
Di rapor tertulis nilai rata-rata Fikri adalah 87
(delapan puluh tujuh)
2

Setiap akhir semester kalian pasti menerima rapor
bukan Bagaimana nilai kalian

Membandingkan Bilangan
Di bawah ini adalah barang-barang yang dimiliki Fikri dan ketiga
saudaranya  ayo kita hitung dan bandingkan banyaknya
A. 3

Jeruk siapakah yang lebih banyak
Kita menggunakan tanda  untuk menunjukkan jumlah  > lebih banyak
4
B. 5

Kita menggunakan tanda = untuk menunjukkan banyak benda yang sama
6


Soal Latihan
Berilah tanda >, < , atau = yang sesuai pada titik-titik di bawah ini:
  1. 5 ………. 7
  2. 8 ………. 6
  3. 4 ………. 9
  4. 3 ………. 1
  5. 7 ………. 5
  6. 2 ………. 4
  7. 6 ………. 5
  8. 10 ………. 9
  9. 8 ………. 7
  10. 6 ………. 4
  11. 12 ……..1 1
  12. 15 ……..17
  13. 7 ………..17
  14. 18 ……..18
  15. 9 ………..13
  16. 16 ………18
  17. 10 ………. 10
  18. 11 ………. 15
  19. 19 ………. 16
  20. 13 ………. 15

Pembahasan
Berilah tanda >, < , atau = yang sesuai pada titik-titik di bawah ini:
1. <           11. >
2. >            12. <
3. <            13. <
4. >            14. =
5.   >          15. <
6.  <           16. <
7.   >          17. =
8. >            18. <
9. >            19. >
10.  >         20. <
Sumber: BSE untuk SD Kelas II, by: Purnomosidi, Wiyanto, EndangSRI WAHYUNI7603@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar