Rabu, 20 September 2017

HIDUP RUKUN

Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar percakapan, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
Hidup Rukun di Rumah
Udin mempunyai kakak perempuan bernama Mutiara. Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan di rumah. Mereka saling membantu melakukan kegiatan di rumah. Misalnya, Udin membantu kakaknya merapikan buku. Mutiara membantu Udin membacakan buku cerita.

Perhatikan gambar Udin dan Mutiara yang sedang membaca buku bersama. Tuliskan pertanyaan dan jawaban tentang gambar tersebut dengan teliti!

Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
Berikut ini adalah lagu tentang kakak dan adik. Nyanyikan lagu ini sesuai dengan ketukan biramanya
dengan penuh percaya diri!
Ruri Abangku - Ciptaan: A.T. Mahmud
Ruri adalah abangku
Rajin dan senang belajar
Dengan menyandang tas di bahu
Riang menuju sekolah

Bacalah syair lagu itu dengan nyaring! Bacalah dengan cara menirukan gurumu dengan teliti! Tahukah kamu arti abang? Abang adalah sebutan untuk kakak laki-laki di daerah tertentu. Apakah sebutan kakak laki-laki di daerahmu? Apakah sebutan kakak perempuan di daerahmu?

Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan. Bagaimana mereka menjaga kerukunan? Simaklah teks buku harian Udin berikut!
1 Juli 2013
Hari ini aku sedih karena tindakanku menyebabkan buku kakak sobek. Aku tidak sengaja membuat buku itu sobek. Aku minta maaf kepada kakak. Untunglah kakak memaafkan aku.

Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
1. Apa yang diceritakan di dalam buku harian itu?
2. Mengapa Udin minta maaf kepada kakaknya?
3. Apakah kakaknya memaafkah Udin?
4. Apa yang terjadi seandainya Mutiara tidak memaafkan Udin?
5. Peragakan dan ucapkan permohonan maaf dengan santun!

Contoh peragaan dan ucapan permohonan maaf dengan santun!
Mohon maaf, ya, Kak. Saya tidak sengaja membuat buku ini sobek.
Tidak apa-apa, Dik. Kakak memaafkan kamu. Lain kali hati-hati, ya.

Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
Buku yang sobek sudah direkat kembali oleh Mutiara. Buku tersebut dikembalikan ke rak buku. Mari kita pergi ke perpustakaan sekolah. Perhatikan susunan buku-buku di dalam rak.

Berapa jumlah buku-buku di dalam rak tersebut? Bagaimana agar kita lebih mudah menghitung jumlah buku tersebut? Misalnya kita kelompokkan buku-buku tersebut, masing-masing kelompok berisi 10 buku.

1 kelompok= 1 puluhan
5 puluhan sama dengan 50
Banyak buku ada 57.
Barisan rak yang lain berisi lebih banyak buku. Satu tumpukan berisi sepuluh buah buku. Ada sepuluh tumpukan buku. Artinya, rak buku itu berisi seratus buku.

Udin rajin menulis kegiatannya pada buku harian. Tulislah teks buku harian tentang kegiatanmu bersama anggota keluargamu yang lain pada hari ini dengan teliti! Tuliskan pada teks buku harianmu itu siapa saja anggota keluarga perempuan!

Tuliskan pada teks buku harianmu itu siapa saja anggota keluarga laki-laki! Ceritakan kebersamaan anggota keluarga perempuan dan laki-laki di dalam keluargamu! Orang tua membaca teks buku harian yang ditulis siswa. Kemudian bertanya jawab mengenai isi buku harian tersebut.

Kegiatan Bersama Anggota Keluargaku

Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1

 on Saturday, July 19, 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar